Senin, 06 April 2009

Astra Daihatsu Motor, New Daihatsu Luxio, Pesaing APV dan Maven

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) petang tadi, Kamis (26/2), secara resmi meluncurkan wagon keluarga andalan terbaru, Luxio. Mobil yang telah dipersiapkan sejak 25 bulan yang lalu ini akan mengusik pasar Suzuki APV dan Mitsubishi Maven, kendati harga varian paling lengkap lebih mahal dari kedua pesaingnya itu.

Acara peluncuran Luxio sendiri terasa begitu penting bagi Daihatsu. Pasalnya, pada kesempatan itu turut hadir Wakil Presiden Daihatsu Motor Co., Ltd. (Jepang) K. Kamio dan Kepala Enjiner Daihatsu Motor Co., Ltd. (Jepang) K. Sakamoto.

Menurut Sakamoto, Luxio mengusung platform yang sama dengan Gran Max. Mobil yang mampu mengangkut delapan penumpang ini, katanya, hanya akan tersedia di pasar Indonesia.

“Luxio didesain secara eksklusif untuk pasar dan kebutuhan konsumen Indonesia,” katanya.

Hal senada disampikan Kamio. Katanya, Indonesia merupakan pasar potensial bagi Daihatsu.

“Kami cukup bangga dengan Daihatsu Indonesia. Gran Max yang diproduksi di sini menjadi satu-satunya produk Indonesia yang mampu menembus pasar ekspor ke Jepang,” ujar Kamio dalam pidatonya.

Luxio sendiri, dijelaskan Kamio, memiliki perbedaan signifikan dengan Gran Max. Bila Gran Max menyasar ke konsumen komersial, Luxio hadir untuk memenuhi tuntutan keluarga pada kendaraan berdaya angkut penumpang banyak dengan kenyamanan yang baik.

Luxio juga tidak memiliki varian bermesin 1.3-liter seperti Gran Max. Untuk Luxio perusahaan aliansi Toyota ini hanya menyediakan mesin 3SZ-VE 1.5-liter DOHC VVT-i.

Mesin bertenaga 97hp dan torsi 134Nm itu sama dengan yang digendong Daihatsu Terios. Karenanya, Daihatsu yakin Luxio juga sangat hemat bahan bakar.

“Kehadiran Daihatsu Luxio semakin melengkapi jajaran produk Daihatsu. Kami ingin menghadirkan satu kesempurnaan baru untuk berbagai aktivitas keluarga Indonesia,” ucap CEO PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Suparno Djasmin.

Desain Menarik
Daihatsu Luxio sangat mudah dibedakan dengan Gran Max. Mobil beratap tinggi ini memiliki desain depan dan belakang yang jauh lebih menyenangkan.

Lampu utama, misalnya, dibuat lebih besar lewat komposisi serasi dengan grille chrome dan bumper bercelah udara besar. Desain buritan juga tak kalah menarik. Lampu rem yang tak seperti Gran Max membuat citra Luxio sebagai mobil keluarga lebih terasa.

“Lampu rem yang menempel pada pintu lift-back tidak sekadar menempel. Lampu ini bisa menyala juga,” ujar Kepala Pengembangan Produk ADM Pradito Sugondo.

Sugondo menambahkan sistem suspensi belakang Luxio berbeda dengan Gran Max. Menurutnya, penambahan batang penyetabil pada suspensi belakang akan menciptakan kenyamanan yang lebih baik.

Varian dan Harga
Daihatsu Luxio hadir dalam empat varian, yakni D (Rp 136 juta), M (Rp 146 juta), X MT (Rp 151 juta) dan X AT (Rp 162 juta). Khusus varian M dan X tersedia opsional berupa fitur ABS (anti-lock braking system) guna meningkatkan keselamatan berkendara.

Sementara untuk kelir bodi disediakan dua pilihan warna baru yang tak dimiliki Gran Max, yaitu Crypton Green dan Meteor Grey. Sumber: SmartDrive.Co.id

Design by infinityskins.blogspot.com 2007-2008