Senin, 06 April 2009

Pilih APV Luxury atau Daihatsu Luxio

Tema kemewahan atau luxurious sepertinya sedang menjadi demam bagi beberapa ATPM di Indonesia. Dalam waktu yang sangat berdekatan, dua ATPM yakni Daihatsu dan Suzuki memperkenalkan varian MPV teranyar mereka dengan nama yang menggunakan kata dasar yang sama.

Ya, bila Daihatsu mengusung nama Luxio yang mengambil nama dari kata luxurious yang dalam bahasa Inggris berarti kemewahan pada MPV terbaru mereka, begitu pun dengan Suzuki yang juga setali tiga uang.
Karena melalui APV Luxury yang akan mereka keluarkan pada Maret mendatang, Suzuki pun jelas-jelas menggunakan dasar nama yang sama.


Namun, siapakah yang lebih mewah dari kedua MPV yang mengklaim diri mewah ini? Dari segi tampilan luar, Luxio yang diklaim Daihatsu sebagai MPV termewah terlihat sangat 'biasa' bila disandingkan dengan APV Luxury yang dilengkapi dengan grille, bumper, side skirt yang lebih menawan.


Namun untuk bagian interiornya, Luxio terkesan lebih nyaman karena sudah dilengkapi dengan semua kebutuhan keluarga mulai dari perlengkapan audio yang dapat menghibur semua keluarga, hingga tersedianya benyak 'tempat penampungan' bagi perlengkapan dan tempat minum bagi penumpang.


Apalagi Luxio juga sudah dilengkapi dengan arm rest di baris ke 2 dan 3 serta ruang kabin yang teramat lapang. Sementara interior Luxury menurut bocoran dari public relations PT Indomobil Niaga International (IMNI) Dimeldaz Sharindradini, tidak akan mengalami perubahan yang signifikan.


Tapi tetap saja kabin APV Arena SGX yang menjadi platform dasar Luxury memang sudah memiliki aura kemewahan yang 'cukup' untuk melawan Luxio.


Sementara untuk masalah harga, Luxio dengan cerdik memberikan harga yang lebih terjangkau untuk memanfaatkan fenomena krisis yang terjadi, di mana para calon pembeli potensial kini berpikir ulang untuk membeli sebuah kendaraan.


Namun perbedaan harga kedua produk tersebut ternyata tidaklah terlampau jauh yakni Rp 162 juta untuk Luxio tipe X A/T dan kemungkinan harga Luxury yang hanya Rp 170 juta.


Dengan perbedaan tipis tersebut, IMNI tentulah berharap bahwa konsumen mereka mau membayar 'sedikit' lebih mahal namun dengan suguhan yang lebih menawan.


Tapi semua tergantung Anda, manakah di antara kedua mobil ini yang memang pantas menyandang gelar sebagai MPV mewah.

Design by infinityskins.blogspot.com 2007-2008