Senin, 06 April 2009

Daihatsu Luxio Beredar Akhir Februari

Astra Daihatsu Motor (ADM) akhir Februari mendatang dipasatikan akan meluncurkan sebuah MPV baru, yang diberi nama Daihatsu Luxio. Mobil hasil rancangan Daihatsu Indonesia ini akan dijual antara Rp120 – Rp 130 jutaan.

“Kami akan meluncurkan sebuah MPV baru akhir Februari. Ini bukan Gran Max lho! Soalnya ada yang nulis Daihatsu akan meluncurkan Gran Max Luxio, saya tegaskan tidak ada embel-embel Gran Max di depannya. Namanya Daihatsu Luxio,” tegas Direktur Marketing ADM, Amelia Tjandra dalam keterangan singkatnya kepada INILAH.COM Kamis (12/2) di Jakarta.

Semula MPV yang terkenal dengan julukan ‘baby Alphard’ ini masih dirahasiakan Daihatsu. Bahkan untuk memperoleh namanya saja, sumber-sumber di Daihatsu enggan mengungkapkannya. Namun, menjelang peluncurannya INILAH.COM berhasil memperoleh keterangan langsung dari orang yang punya kepentingan untuk melepas Daihatsu ke pasar.

Tahun 2008 lalu sempat beredar kabar bahwa Daihatsu akan memperkenalkan MPV anyar mereka, Daihatsu Stylo, begitu namanya sempat dilansir sejumlah media online, cetak maupun elektronik. Namun, belakangan nama Stylo dibantah. “Nama itu baru wacana saja, Stylo hanya ucapan spontanitas di kalangan orang-orang Daihatsu,” ujar sebuah sumber.

Sekilas Daihatsu Luxio memang mirip Gran Max, karena basisnya memang dari sana.

Di lihat dari samping, memang nggak ada bedanya. Tapi, kalau dilihat dari depan nampak ada perbedaan, karena grill radiator dirancang lebih besar dengan garis-garis horizontal. “Hidungnya tidak pesek seperti Gran Max, tapi lebih panjang dan mancung, tampak lebih aerodinamis dibanding pendahulunya,” tambah sumber.

Lampu didisain ulang dengan headlamp baru bukan kotak tapi melancip, sepintas rada-rada mirip ‘Alphard’. Tampak belakang, menurut sumber, Daihatsu lagi-lagi menyontek disain Alphard.

Model pintu tengah masih seperti Daihatsu Gran Max, demikian pula dengan pintu belakang sama seperti Gran Max Front Facing diangkat ke atas. Sementara interiornya dibuat lebih mewah, tidak seperti Gran Max tetapi lebih mirip Daihatsu Terios. Alasannya, mobil ini memang didisain untuk kebutuhan keluarga.

Mesin, tambah sumber masih menggendong milik Gran Max, tapi cc-nya lebih besar, yakni 1500. Tersedia dalam dua versi manual dan matik. Lalu, berapa harganya? “Dengar-dengar sih 120 hingga 130 jutaan,” ujar sumber sambil menambahkan kalau mau liat mobil ini sudah mengalami ujicoba di sekitar pabrik Daihatsu di Sunter selama beberpa hari terakhir.

Design by infinityskins.blogspot.com 2007-2008